Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika

bukupediakopi - Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Perbedaan Robusta Dan Arabika.Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Perbedaan Robusta Dan Arabika :

Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika







Perbedaan antara arabika dan robusta bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini:

- Arabika lebih populer dahulu dari robusta.
- Coffea arabica dan Coffea canephora.
- Penanaman robusta lebih mudah.
- Robusta lebih tahan hama.
- Ukuran biji kopi arabika lebih besar.
- Aroma dan cita rasa arabika lebih kaya.
- Kandungan kafein robusta dua kali lebih banyak.
- Robusta lebih cocok dipadukan dengan susu.
- Harga robusta lebih murah.

Baik arabika maupun robusta, keduanya termasuk dalam tanaman bersuku Rubiaceae dengan marga Coffea. Berdasarkan jenis atau spesiesnya, kopi arabika memiliki nama ilmiah Coffea arabica, sedangkan robusta bernama Coffea canephora.Anda pasti bertanya-tanya, kenapa Coffea canephora bisa disebut dengan robusta. Istilah tersebut kiranya telah melekat dan biasa digunakan oleh orang-orang untuk pembudidayaan dengan tujuan komersil.Sebenarnya, pengertian kopi robusta adalah salah satu varietas asli Coffea canephora, yaitu Coffea canephora var. Robusta. Namun, karena orang-orang lebih sering dan biasa menyebut robusta, maka nama ini yang digunakan untuk menyebut spesies tersebut.

Tanaman Robusta Lebih Tahan terhadap Hama

Tanaman pasti tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Wabah yang menyerang akan berpengaruh terhadap kopi yang dihasilkan. Tanaman kopi arabika memiliki ketahanan yang lemah, sedangkan tanaman kopi robusta memiliki keunggulan lebih tahan dari serangan hama dan penyakit.Selain itu, tanaman robusta lebih mudah dalam segi perawatan dan pemanenannya. Buah arabika mudah rontok dari tangkainya saat matang sehingga perlu pemanenan yang hati-hati sebelum buahnya rontok. Sementara robusta, buah yang telah matang tetap menempel kuat di tangkainya, tidak rontok seperti arabika.

Perbandingan Ukuran Biji Kopi

Salah satu perbedaan biji kopi arabika dan robusta bisa dilihat dari segi ukuran dan bentuknya. Biji kopi arabika lebih besar dibanding robusta. Bentuk biji robusta cenderung membulat, sementara biji arabika berbentuk lonjong.

Aroma dan Cita Rasa Arabika yang Lebih Kaya

Jenis kopi arabika adalah lebih diminati karena aroma dan cita rasanya yang unik. Ciri khas kopi arabika adalah rasanya yang asam dan warna seduhan yang tidak terlalu pekat. Oleh karena keunikan inilah maka jenis ini lebih sering dikembangkan sehingga muncul beberapa varietas baru darinya.Varietas-varietas baru hasil pembudidayaan arabika memiliki rasa yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberagaman rasa ini. Faktor yang paling menentukan adalah keadaan cuaca, tanah, iklim, serta hasil kawin silangnya.