Ragam Manfaat Kopi Yang Harus Anda Ketahui

bukupediakopi - Sekarang, ada semakin banyak alasan bagi Anda untuk jajan kopi kekinian. Pasalnya, tidak hanya untuk menahan kantuk, Anda bisa mendapatkan manfaat minum kopi yang lain, seperti menurunkan risiko sakit jantung hingga stroke.Namun ingat, kopi yang dimaksud di sini adalah kopi hitam tanpa tambahan seperti krim atau gula. Memang, tambahan kedua bahan tersebut tidak serta-merta menghilangkan manfaat kopi.Anda tentu sudah familiar dengan dampak kesehatan yang bisa timbul dari terlalu banyak mengonsumsi gula, maupun lemak yang terdapat dalam krim. 

Jadi, jangan sampai manfaat minum kopi yang bisa didapatkan, justru tertutup oleh dampak merugikan tersebut.Jadi, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.








1. Mengandung banyak mineral dan vitamin

Kopi tidak hanya mengandung kafein. Berbagai mineral dan vitamin, ternyata juga bisa Anda dapatkan dari minuman pahit ini. Dalam satu gelas kopi, juga terkandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium.

2. Membakar lemak di tubuh

Kafein disebut dapat membantu meningkatkan metabolisme di tubuh, termasuk dalam pembakaran lemak. Namun, manfaat minum kopi yang satu ini disebut akan kurang terlihat, pada orang yang sudah punya kebiasaan minum kopi sejak lama.

3. Meningkatkan stamina

Kafein dapat membantu memecah lemak yang ada di tubuh dan membuatnya digunakan untuk stamina. Sehingga, tidak ada salahnya Anda minum kopi hitam satu setengah jam sebelum berolahraga.

4. Meningkatkan fungsi otak

Saat Anda minum kopi, kafein yang Anda minum akan masuk ke dalam darah, lalu berjalan ke otak. Di sana, kafein akan mengaktifkan saraf serta hormon-hormon yang bisa meningkatkan berbagai fungsi otak, seperti daya ingat, suasana hati, hingga fungsi mental secara umum.

5. Menambah energi

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan lebih berenergi. Bahkan, kafein adalah bahan psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia.

6. Menurunkan risiko munculnya diabetes

Kopi hitam, disebutkan bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Manfaat ini bisa didapatkan oleh orang yang minum kopi sekitar empat gelas kecil perharinya.

7. Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit saraf yang paling banyak diderita di dunia, dan merupakan penyebab terbanyak demesia. Kedua penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah, salah satunya dengan kopi.Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dan rutin, dapat menurunkan risiko munculnya Alzheimer hingga lebih dari 50 persen.

8. Menekan risiko munculnya penyakit Parkinson

Minum kopi sebanyak empat gelas kecil per harinya, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit Parkinson hingga lima kali lipat. Kafein yang ada di kopi juga mampu membantu penderita Parkinson dalam mengontrol pergerakan tubuh.