Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

bukupediakopi - Kopi menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Dalam sehari, ada ratusan juta orang yang meminum kopi bukan hanya sekali sehari bahkan ada yang tiga sampai empat cangkir sehari. Biasanya orang minum kopi di pagi hari. Bahkan banyak dari mereka tidak bisa benar-benar berfungsi dengan baik sebelum minum secangkir kopi. Padahal ternyata waktu terbaik minum kopi bukanlah pagi hari, jadi kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Berikut ini jawabannya!

Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Minum Kopi







1. Kopi sebaiknya tidak diminum saat pagi hari

Bukan rahasia lagi jika kopi menjadi minuman banyak favorit banyak orang terutama di pagi hari setelah mereka bangun tidur. Alasannya karena kopi membantu mereka menghilangkan rasa ngantuk dan membuat mereka siap untuk memulai hari.

Faktanya pagi hari adalah waktu terburuk untuk minum kopi. Ini karena kadar hormon kortisol dalam tubuh justru paling tinggi di pagi hari terutama saat bangun tidur. Jika kita terbiasa meminum kopi di pagi hari, lama kelamaan tubuh akan menganggap kopi sebagai pengganti hormon kortisol dan membuat toleransi tubuh terhadap kafein semakin tinggi.

Apakah itu bagus? Jawabannya adalah tidak, karena setelah beberapa saat efek kopi akan memudar. Dan itulah alasannya kenapa kita masih merasa ngantuk meski sudah minum secangkir kopi.

2. Hindari minum kopi saat kamu sedang merasa stres

Bisa dibilang hormon kortisol adalah perlindungan alami yang dibuat oleh tubuh. Hormon ini diproduksi oleh tubuh saat kita sedang merasa stres atau sedang dalam keadaan bahaya, dan membuat kita siap untuk menghadapinya.

Saat stres, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat dan secangkir kopi justru akan membuatnya semakin tinggi. Dan meski hormon kortisol itu baik untuk tubuh, terlalu banyak hormon kortisol justru akan membuat kita semakin merasa cemas dan tertekan.

3. Jangan minum kopi sebelum tidur

Salah satu efek buruk dari minum kopi adalah kandungan kafeinnya yang membuat kita sulit untuk tidur. Selain itu kafein juga merupakan salah satu zat yang bertahan cukup lama dalam tubuh. Kafein dari secangkir kopi akan bertahan selama 6 jam dalam tubuh.

Jadi jika kamu terbiasa tidur jam 10 malam, kamu tidak boleh meminum kopi lewat dari jam 4 sore. Meminum kopi selama waktu 6 jam ini akan membuat kamu kurang tidur, akibatnya kamu akan merasa lelah dan mengantuk keesokan harinya.

4. Pastikan kamu tidak minum lebih dari empat gelas sehari

Orang dewasa tidak boleh minum lebih dari 400 mg per kafein perhari yang setara dengan 4 cangkir kopi. Ini karena kafein bukan hanya membuat kita sulit tidur tapi juga membuat kita lebih mudah cemas dan merasa emosi. Kalau pun kamu harus minum kopi, pilih kopi yang tidak mengandung kafein dan kurangi takarannya. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengurangi jumlah kopi yang kamu minum dalam sehari dan menggantinya dengan milk tea.

5. Jadi kapan waktu terbaik untuk minum kopi?

Meminum kopi di pagi hari tidak baik, begitu pun saat stres atau sebelum tidur. Jadi kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Waktu terbaik untuk minum kopi adalah ketika hormon kortisol dalam tubuh sedang dalam keadaan rendah yaitu sekitar pukul 9.30 pagi hingga pukul 11.30 siang, atau pukul 1.30 siang hingga pukul 5.00 sore. Jadi pastikan kamu minum kopi di jam-jam itu ya!

Apakah secangkir kopi itu buruk bagi kesehatan? Tidak, kopi bukanlah minuman yang berbahaya. Sebaliknya minum kopi justru dapat meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood dengan catatan kamu tidak minum terlalu banyak dan tahu kapan waktu untuk meminumnya. Jadi jangan takut untuk minum kopi ya!